Pages

Jumat, 25 November 2011

Merawat Kesehatan Jantung Sejak Dini

Sesuai dengan judul di atas, merawat jantung sejak dini merupakan salah satu langkah bijak yang dapat diambil untuk hidup lebih sehat. Sebagaimana kita tahu, penyakit jantung adalah penyakit nomor satu di dunia yang menyebabkan kecacatan maupun kematian pada manusia. Pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, memakan makanan yang banyak mengandung kolesterol, dan jarang olahraga merupakan salah satu pemicu penyakit jantung.
Pribahasa mencegah itu lebih baik daripada mengobati adalah benar adanya. Nah, untuk itu, berikut adalah beberapa anjuran yang bisa Anda lakukan untuk menjaga jantung Anda dalam kondisi yang sehat:
  1. Konsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan makanan yang memiliki serat tinggi seperti sawo, beras merah, teh hijau, dan sebagainya.
  2. Makanlah ikan setidaknya dua kali dalam seminggu.
  3. Memperhatikan kandungan kolesterol dan lemak jenuh dari makanan yang kita konsumsi. Kurangi konsumsi lemak hewani dan minyak.
  4. Kurangi penggunaan garam dalam makanan.
  5. Pilih produk susu rendah lemak atau tidak mengandung lemak.
  6. Dapatkan nutrisi dan vitamin dalam asupan makanan harian Anda.
  7. Mulailah melakukan olahraga secara rutin. Olahraga 30 menit dalam sehari sangat baik untuk kesehatan dan berfungsi mengontrol tekanan darah serta mencegah diabetes.
  8. Coba latihan gerakan tai chi yang sangat baik bagi kesehatan jantung yang mempengaruhi keseimbangan dan cocok untuk segala umur dan kondisi.
  9. Stop merokok mulai dari sekarang!
Mari kita jaga fungsi jantung kita yang memiliki peran besar dalam metabolisme tubuh. Dengan jantung yang sehat, badan kita pun akan terasa bugar karena peredara darah dalam tubuh berjalan dengan sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar